Ayam Serundeng (Ayam Goreng Kelapa)



Bosen sama ayam goreng kuning atau ayam goreng krispi? Yuk, cobain bikin ayam serundeng alias ayam goreng kelapa ini. Bikinnya mudah, sama seperti membuat ayam goreng kuning atau ayam goreng biasa tapi ditambahi parutan kelapa saat diungkep. Kemudian, parutan kelapa nanti juga digoreng bersama ayamnya. Ayamnya jadi guriiih dan serundengnya juga krenyes-krenyes saat masih anget. Cocok dimakan bareng nasi putih, bisa juga jadi lauk nasi kuning.

Saya biasa memakai resep dari sajian sedap untuk membuat ayam ini. Ayam, parutan kelapa dan santan sudah siap diolah, marii racik bumbunya duluu..


Berikut ya resep lengkapnya..

Ayam Goreng Kelapa
adapted from Sajian Sedap

Bahan-bahan:
1 ekor ayam (kali ini saya pakai 1kg paha ayam)
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh, memarkan
200 ml santan dari 1/4 butir kelapa (saya pakai santan kemasan kara)
200 gr kelapa parut kasar (saya pakai +/-100 gr kelapa parut kering kemasan)
minyak untuk menggoreng

Bumbu halus:
5 bawang merah (saya pakai 1 1/2 shallot)
3 bawang putih (saya pakai 6 ukuran kecil)
4 kemiri, sangrai
1 sdt ketumbar, sangrai
2 cm kunyit bakar (atau 1/2 sdt kunyit bubuk)
3 cm lengkuas (opsional)
2 sdt garam (saya pakai 1 1/2 sdt karena hanya untuk 1 kg ayam)
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk, serai hingga harum dan matang.
2. Masukkan ayam, bolak balik hingga berubah warna
3. Tambahkan santan. Masak sambil sesekali diaduk hingga 1/2 matang (+/- 30 menit)
4. Masukkan parutan kelapa. Aduk. Masak hingga bumbu meresap dan matang
5. Goreng ayam sebentar hingga coklat kekuningan. Angkat.
6. Goreng parutan kelapa hingga kering dan coklat kekuningan. Tiriskan, taburkan di atas ayam.

Tinggal tambahin lalapan plus sambal trus dimakan sama nasi anget pake tangan. Duh, nikmat alhamdulillah :D

0 Response to "Ayam Serundeng (Ayam Goreng Kelapa)"

Posting Komentar