Super Moist Lemon Cupcakes with Buttercream Frosting


Tiap kali tertarik dengan satu resep baking dari blogwalking ataupun browsing, saya suka baca komentar-komentar atau reviewnya. Selain untuk memastikan resep itu memang ok dan foolproof, saya juga jadi bisa belajar dari yang udah pada nyobain. Tentunya juga baca penjelasan yang punya resep juga.. Sejauh yang saya baca, sayah simpulkeun ada beberapa tips untuk menghasilkan cake moist. Paling males kan kalo cake yang dihasilkan mengembang dengan indahnya tapi pas dimakan kok seret. Hiks
Katanyah..yang berkontribusi menentukan cake moist alias lembab tentunya dari wet ingredientnya, yaitu lemak dan air/susu. Lemak bisa dari mentega, margarin atau vegetable oil/minyak sayur/canola/jagung/dll. Sedangkan susu bisa juga diganti santan, buttermilk, freshcream atau sour cream. Untuk mendapatkan rasa cake yang enak dan buttery, saya sendiri lebih suka pake mentega. Tapi ternyata minyak lebih bagus dalam membuat cake moist bin lembab. Kalo butter cake jadi mengeras dan mengering di suhu dingin, cake dengan oil awet lembut dan empuk pas dingin bahkan meski udah ngulkas.
Bahan berikutnya yang dipake supaya cake lebih moist adalah buttermilk sebagai pengganti susu atau dipake berbarengan dengan susu. Saya sendiri selalu memakai homemade buttermilk karena gampang, dan disini jarang yang jual. Bahan terakhir adalah sour cream. Katanyah..sour cream ini ampuh membuat cake menjadi super moist, bahkan juga bisa untuk brownies panggang. Lumayan bisa mendekati lembab cake hasil kukusan kalo saya bilang mah.. Kalo orang bule mungkin karena ga kenal cake kukus kali yah, jadi mereka mengandalkan sour cream ini supaya cakenya lembab. Hehee..soktauu :p
Oiya satu lagi..pake buah aja di cake seperti pisang, apel dkk.. Buah juga bikin cake lebih moist.

Baiklah.. sayah cukupkeun dulu baca2 teori dan tips membuat cake moist. Mari kita praktek. Kebetulan saya nemu resep dari AverieCooks yang menggabungkan oil, buttermilk dan sour cream untuk membuat Lemon Cupcakes yang yummy binti moist. Fotonya..aduhaii..tampak cakepp & enak. Ramee komentar pulak. Wajib dicoba..
Hasilnya? Yumm.. Saya sebetulnya bukan pecinta berat rasa lemon, tapi cupcake ini emang enyaaak dan moist bener..


Lemon Cupcakes
by Averie
diterjemahkan bebas oleh saya

Bahan:
1 telur ukuran besar
1 cup (200 gr) gula pasir
2/3 cup (160 ml) buttermilk *)
1/2 cup (120 ml) minyak canola atau minyak sayur
1/4 cup (60 ml) perasan lemon
2 sdm parutan kulit lemon (ato lebih kalo suka)
2 sdm munjung sour cream **)
1 sdt ekstrak vanilla
1 3/4 cups + 2 sdm (260 gr dikurangi 2sdm) tepung terigu serbaguna
3/4 sdt baking soda
1/4 sdt garam

Cara membuat:
1. Panaskan oven ke suhu 350 F (180 C). Alasi loyang muffin dengan 12 paper liner.
Note: ini resep buat 14 cupcakes. Saya bikin 12 cupcakes aja, sisa adonan saya panggang di loyang kotak mini.
2. Campur 8 bahan pertama hingga rata.
3. Tambahkan tepung, baking soda dan garam. Kocok hingga asal rata. Jangan overmix
4. Tuangkan adonan ke paper cup hingga 3/4 full. Tuang sisanya ke loyang kotak
5. Oven +/- 18 sampai 19 menit atau sampai tusuk gigi yang dimasukkan ke tengah cupcake keluar bersih atau dengan sedikit moist crumbs, do not overbake. Dinginkan 10 mnit di loyangnya sebelum dipindahkan.

Cupcake cepet banget overbaked, jadi mending setelah 15 menit cek tiap 2 menit yaa.. Kalo overbaked ilang deh moist nyaa..

* homemade buttermilk
1 cup (240ml) buttermilk = 1 cup susu + 1 sdm air perasan lemon, diamkan 15 menit untuk mengental, siap dipakai
** homemade sourcream
1 cup (240ml) sour cream = 1 cup heavy cream (saya pake cream 30 % jg jadi) + 1 sdm air lemon, biarkan di suhu ruang/hangat selama 1 jam, aduk hingga mengental. Siap dipakai. Diamkan di kulkas setelahnya untuk hasil yang lebih creamy..
kalo mau lebih praktis lagi, sour cream bisa diganti plain yoghurt

note: heavy cream adalah krim dairy yang kandungan lemaknya 35-40% (fat-content 35-40%), informasi fat-content ini biasa ditulis di kemasan produk krim dairy

dipoto setelah semalem nginep di kulkas, dan tetep moist!
Untuk frostingnya sebenernya resep cupcake ini dipadukan dengan cream cheese frosting, tapi karena lagi ga punya cream cheese, saya bikin buttercream frosting sajah. Nyambung aja kok ama cupcakenya :D

Buttercream Frosting
source: Allrecipes.com
(saya tulis separo resep)

Bahan:
1/4 cup (55 gr) mentega putih (saya:margarin)
1/4 cup (55 gr) butter/mentega
1/2 sdt vanilla extract (saya: 1 sdt air lemon)
2 cups (240 gr) gula bubuk
1 sdm susu

Cara membuat:
Kocok margarin, mentega dan vanila (atau air lemon). Masukkan gula bubuk 2 tahap, kocok rata tiap penambahan. Masukkan susu, teruskan kocok hingga light & fluffy. Simpan di wadah tertutup hingga digunakan.


Gimana, tertarik mencoba? Saya jamin ga bakalan nyesel nyobain.. :) tapi kalo sodara-sodara lebih tertarik rasa cupcake Vanilla, cek resep Perfect Vanilla Cupcake ini.. Enyaak juga :))

Selamat mencoba :)

0 Response to "Super Moist Lemon Cupcakes with Buttercream Frosting"

Posting Komentar