Pom Pom Potato [Kroket Kentang Keju] Isi Telur Puyuh

Bismillah..
Masih inget pompom potato, teman-teman? Nah, ini variasinya. Resepnya kurang lebih sama hanya diberi isian telur puyuh. Anak-anak excited banget nemu 'harta karun' di dalemnya. Apalagi kemarin ini saya keabisan telur puyuh gara-gara dicemilin mulu sama eneng bayi. Jadi ga semua adonan terisi. Sebagian diisi telur puyuh, sebagian lagi ngga. Kebayang kan serunya para krucil itu pas nemu  harta karun di dalem pompom, hihi.. tapi meski pas dapet yang ga ada isinya, mereka tetep makan aja & seneng kok.. :)



Supaya pompom tidak pecah saat digoreng, pastikan untuk menyimpan adonan yang sudah siap goreng di dalam freezer terlebih dahulu. Minimal 1-2 jam. Kalo kemarin ini saya simpan semaleman. Lapis panirnya juga dua kali, selain supaya kokoh juga biar makin renyah. Goreng di minyak yang banyak dan panas, dan sekali goreng jangan banyak-banyak.. Pengalaman saya, kalo sekali nggoreng langsung banyak biasanya trus pada berantem di dalem wajan trus isinya berhamburan, wkwkwk... Trus balik hanya sekali saja. Lebih bagus lagi kalo deep-fry, jadi semua terendam dan ga perlu bolak-balik. Goreng sampe kekuningan, angkat deh..


Pom Pom Potato [Kroket Kentang Keju] Isi Telur Puyuh
dimodifikasi dari sini

Bahan
400 gr kentang, rebus atau kukus atau goreng
100 gr keju, parut
2 sdm susu kental manis (saya skip)
garam dan merica secukupnya
+/- 22 butir telur puyuh rebus

Pelapis
tepung roti secukupnya
1 butir telur, kocok lepas

minyak untuk menggoreng


Cara membuat
1. Haluskan kentang dengan sendok atau ulekan. Masukkan keju parut, aduk rata.  Tambahkan garam dan merica. Cicipi dan sesuaikan dengan selera
Note: jika menggunakan susu bubuk atau susu SKM, campurkan di tahap ini
2. Bentuk adonan bulat, sambil dikepal-kepal (digenggam sambil ditekan) supaya padat, tidak mudah pecah saat digoreng. Pipihkan, isi telur puyuh kemudian bulatkan kembali
3. Celupkan ke telur kocok, gulingkan ke tepung roti. Bisa diulang jika ingin kulit yang lebih tebal. [Saya ulang 2x]
4. Simpan dalam freezer 1-2 jam sebelum digoreng [saya semaleman]
5. Goreng dalam minyak panas yang agak banyak dengan api sedang-besar supaya kulit cepat menguning keemasan sebelum isinya meletus dan pecah. Balik hanya sekali saja.
6. Jika sudah menguning keemasan, angkat dan tiriskan

Sajikan dengan saus tomat atau mayonaise
Selamat mencoba ;)
Selamat mencoba :)

0 Response to "Pom Pom Potato [Kroket Kentang Keju] Isi Telur Puyuh"

Posting Komentar