Marble Japanese Cheese Cake in Loaf Pan

Japanese Cheese Cake (JCC) adalah salah satu jenis sponge cake yang dibuat tanpa menggunakan bahan pengembang. Untuk mengembang, hanya mengandalkan putih telur yang dikocok hingga soft peak. Sesuai namanya, cake ini berbahan keju jenis cream cheese. Lalu apakah asalnya dari Jepang atau disukai orang-orang Jepang, terus terang saya belum tauu..hehe.
Biasanya JCC dibuat menggunakan loyang bulat, bisa cake pan atau yg spring-form pan berdiameter 20-22cm. Sayangnya sayah tidak punya, hiks hiks. Tapi gapapa, saya coba aja pake loaf pan alias loyang kotak yang saya punya di rumah..nekaat :D
First trial..gatot, alias gagal total! Hahaha.. Rasanya sih enak, tapi teksturnya belum dapet. Yang lembut dan fluffy cuman di bagian atas cake, di bagian bawahnya padat. Hampir mirip puding lembut. Bagian atas kue juga terlalu coklat, meski ga gosong tapi ga cantik..
meski gagal begini, tetep aja ludes.. :D
2nd attempt, kebetulan lagi mau ada beberapa teman dari Jerman yang menginap di rumah. Pas nih buat cobain bikin JCC lagi. Biar ada yang bisa bantu ngabisin, dan berbagi kalori dan gula. Xixixi..
Kembali saya pakai loaf pan. Tapi pengen sekalian bikin marble cake (marmer). Jadilah nyobain bikin marble JCC. Nekat yah, basic JCC aja belom bisa tapi sok2 an bikin marmer. Hihihi.. 
Dan jreng jreng jreng..alhamdulillah berhasil..berhasil..hurray (*pake gaya dora..). Kuenya lembuuut, spongy, menul-menul, hihihi..Akhernya keturutan deh bikin dan ngerasain JCC yang (kayaknya) bener :D
But honestly, kalo soal rasa, ternyata saya dan anak-anak lebih suka butter cake. Mgkn krn kalori, kolesterol dan gulanya lebih tinggi ya, jadi lebih enak menurut kami. Hehee..




Resepnya saya pakai resep mba Ricke yang diadaptasi dari Diana's Dessert.

Japanese Cheesecake
modifikasi oleh saya

Bahan:
60 gr terigu
20 gr maizena
50 gr butter
250 gr cream cheese, suhu ruang
100 ml susu cair (saya pakai fresh cream)
6 kuning telur
2 sdm lemon zest (parutan kulit lemon)
6 putih telur
140 gr gula pasir
1/4 sdt garam
1 sdm air lemon

20 gr coklat bubuk
30 ml air panas
>> campur dan aduk rata, dinginkan

Cara membuat:
1. Panaskan oven 160 C. Alasi loyang dengan baking paper di bawah dan sisi-sisinya. Sisihkan
2. Campurkan terigu dan maizena. Ayak. Sisihkan
3. Panaskan butter bersama cream cheese dan fresh cream dengan api kecil hanya sampai adonan meleleh dan lembut. Segera angkat, dinginkan sebentar
4. Masukkan tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata. Masukkan garam, aduk rata. Sisihkan
5. Kocok putih telur dengan mixer kecepatan tinggi hingga berbusa. Masukkan air lemon dan gula sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga mengembang dan membentuk kerucut tumpul jika mixer diangkat (soft peak).
6. Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan kuning telur. Aduk rata. Kemudian campurkan adonan kuning telur ke sisa adonan putih telur (teknik pancingan). Aduk rata hingga homogen. Tuangkan ke loyang
7. Ambil +/- 100 gr adonan, campurkan dengan campuran coklat. Aduk rata. Tuang ke loyang. Buat bentuk marble dengan bantuan tusuk sate atau pisau atau garpu.
7. Panggang dengan cara au bain marie selama 75 menit atau sampai permukaan kue kuning kecoklatan. 
8. Biarkan dalam oven (setelah dimatikan) dengan pintu oven sedikiiit terbuka
9. Keluarkan dari oven setelah agak dingin. Biarkan benar-benar dingin sebelum memindahkan dari loyang, supaya kue kokoh.
Kue lebih mudah dipotong ketika kue sudah benar-benar dingin.

Karena saya pakai loyang kotak (loaf pan) panjang 25cm, saya hanya pakai 2/3 resep.

Note:
1. Belajar dari 1st trial, jika ketika mencampur adonan putih telur dan kuning telur tidak sempurna (masih belum benar-benar tercampur rata), maka adonan kuning telur akan mengendap ke bawah karena lebih berat.
2. Supaya bagian atas kue tidak keburu coklat atau retak sebelum kue matang, saya pakai rak bawah oven.
3. Ketika mencampur coklat dan membentuk pola marble harus cepat, keburu adonannya kempesss..
4. Hentakkan loyang ketika akan masuk oven, untuk melepaskan air bubbles yang terperangkap dalam adonan. Saya lupa kemarin, makanya kuenya ada yg berongga. Meski kecil-kecil tapi keliatan..kurang muluus gtuh

0 Response to "Marble Japanese Cheese Cake in Loaf Pan"

Posting Komentar